Asesmen Nasional wajib Dilaksanakan Tahun Ini Mendikbud Nadiem Makarim

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk mengundurkan pelaksanaan Asesmen Nasional menjadi bulan September 2021, setelah sebelumnya direncanakan pada Maret. Meski begitu, Mendikbud Nadiem Makarim memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional wajib dilaksanakan pada tahun ini. Nadiem beralasan Asesmen Nasional dilaksanakan untuk mengetahui mutu sekolah yang terdampak oleh pandemi Covid 19.

"Akan terjadi tahun ini, harus terjadi, karena kita enggak tahu. Kalau kita mau tahu loss of learningnya," ucap Nadiem dalam webinar yang disiarkan laman Youtube FMB9_IKP, Jumat (22/1/2021). Mantan CEO Gojek ini mengatakan Kemendikbud ingin mengetahui sekolah yang mengalami ketertinggalan. Sehingga Kemendikbud bisa memberikan bantuan agar pembelajaran di sekolah tersebut dapat dilaksanakan secara ideal.

"Mana sekolah sekolah yang benar benar gawat darurat. Kita harus bantu, karena mereka di masa pandemi lebih tertinggal lagi dibanding yang lain. Kita enggak bisa tahu kalau kita gak ambil tes," tutur Nadiem. Seperti diketahui Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional menjadi bulan September Oktober 2021. Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu (20/01/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *