Cara Investasi Online yang Aman

Cara Investasi Online yang Aman  – Kegiatan investasi kini telah memasuki berbagai kalangan masyarakat, termasuk masyarakat perkotaan yang mulai menyadari pentingnya berinvestasi guna mengamankan tabungannya untuk kebutuhan jangka panjang.

Sederhananya, investasi adalah kegiatan menabung yang kemudian diakumulasikan menjadi aset keuangan yang menghasilkan pengembalian tertentu. Anda bisa memilih berbagai jenis investasi mulai dari pinjaman P2P, reksa dana, emas, saham hingga investasi syariah online.

Apa itu Investasi Online?

Seperti halnya investasi biasa, investasi online adalah investasi untuk keuntungan jangka panjang. Alat investasi online bisa menjadi pilihan untuk menyimpan dana di masa depan. Pendaftaran online yang aman dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan memungkinkan Anda untuk memilih jenis investasi,  mulai dari pinjaman peer-to-peer, reksa dana, emas dan saham hingga investasi online berbasis Syariah. 

Langkah-Langkah Berinvestasi Online dengan Aman

Tidak ada sistem yang sepenuhnya aman, termasuk investasi online. Meskipun investasi online memiliki keunggulan dalam hal kemudahan dan kecepatan, namun investasi online tidak terlepas dari risiko keamanan data dan berujung pada penipuan.

Begitu banyak perusahaan fintech palsu membuat investasi online rentan terhadap penipuan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan investasi online yang aman, antara lain:

Pastikan Platform Investasi Online Terpercaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih platform investasi online resmi. Hal ini akan memberikan rasa aman bagi pengguna aplikasi. Saat menggunakan aplikasi investasi online, pertama-tama Anda dapat melihat peringkat di forum online, mendengarkan ulasan pengguna, dan mempelajari kejelasan aplikasi.  Keamanan tiga lapis akan melindungi informasi pribadi pengguna dan melindunginya dari upaya pencurian.

Pastikan Keamanan Perangkat

Selain memeriksa keamanan platform investasi online yang ingin Anda gunakan, Anda juga harus memastikan keamanan perangkat smartphone atau laptop yang Anda gunakan aman dan terlindungi. Anda dapat menginstal anti-spyware atau firewall dan perangkat lunak antivirus. 

Waspadai Penipuan Online

Perkembangan teknologi tidak hanya menguntungkan investor tetapi juga scammers. kamu harus menjaga kerahasiaan identitas pengguna, kata sandi atau PIN dan informasi pribadi penting lainnya.

Jangan memberikan informasi pribadi kepada siapa pun, apalagi mentransfer uang ke scammer yang berpura-pura memberikan bantuan atas nama sekuritas tertentu. Jika Anda menemukan sesuatu yang salah, Anda dapat menghubungi call center resmi.

Mengetahui Profil Risiko

Setiap jenis produk investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda, baik itu investasi online maupun offline. Keduanya memiliki risiko yang cukup tinggi karena nilainya terus berfluktuasi tajam setiap harinya.

Misalnya, ketika ada kenaikan 5% dalam satu hari dan kemudian berkurang 10%. Naik turunnya harga saham dapat menjadi peluang bagi investor untuk memperoleh keuntungan atau bahkan dapat mengakibatkan kerugian.

Pelacakan dan Pemantauan

Sebagai investor, Anda harus secara teratur memantau kinerja dan kemajuan investasi. Sehingga Anda dapat mengetahui nilai investasi saat ini apakah program investasi yang Anda lakukan berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Selain itu, Anda juga dapat dengan cepat mengetahui apakah ada masalah dengan investasi Anda atau tidak. Anda dapat melakukan audit investasi untuk mengevaluasi hasil dan memastikan tujuan keuangan selaras.

Jenis Investasi

Investasi emas secara online

Emas merupakan produk investasi karena harganya akan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini, investasi emas dapat dilakukan secara online melalui perusahaan fintech terpercaya yang telah mendapatkan izin dari OJK.

Reksa dana online

Berinvestasi di reksa dana bekerja dengan mempercayakan uang kita kepada pihak berwenang untuk berinvestasi dalam produk investasi. Orang yang berwenang disebut manajer investasi, dan ia mengumpulkan uang dari masyarakat untuk diinvestasikan dalam saham, obligasi, dll. Keuntungan akan didistribusikan di antara klien reksa dana sesuai dengan unit investasi.

Deposito

Deposito berjangka adalah deposito berjangka yang hanya dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Suku bunga deposito berkisar antara 5 hingga 6% per tahun, menjadikannya jenis investasi yang likuid atau sepenuhnya aman. 

Anda sekarang dapat membeli deposito online dari perusahaan investasi online terverifikasi atau beberapa bank juga menawarkan layanan deposit langsung dari aplikasi tanpa harus pergi ke bank lagi.

Investasi P2P Lending 

Peer to Peer Lending adalah platform digital yang mempertemukan pemilik dana dan pemohon pinjaman. Investasi online ini menawarkan pinjaman reguler atau syariah. Stabilitas perusahaan terutama tergantung pada kemampuan debitur untuk membayar kembali pinjamannya kepada perusahaan.

Demikian pembahasan mengenai investasi online, semoga artikel ini bermanfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.